Skip to content

Live shopping, Tren Belanja Kekinian

Live shopping, Tren Belanja Kekinian

Live shopping, tren belanja kekinian adalah kegiatan belanja yang dilakukan melalui konten live streaming. Dengan bermodalkan handphone dan internet saja, sudah bisa melakukan kegiatan ini.

kegiatan ini bisa dilakukan sambil rebahan, makan seblak, atau panasin motor. Pantas saja, live shopping, tren belanja kekinian juga banyak dilakukan oleh masyarakat, terutama di Indonesia, bahkan angka dari surveinya cukup tinggi.

Tingginya penonton  live streaming di Indonesia, bisa mencapai lebih dari setengah penduduk Indonesia secara keseluruhan. Seperti yang tertulis pada data Jajak Pendapat, konten seperti itu pernah ditonton sebanyak 83,7% oleh masyarakat Indonesia, dan beberapa kategorinya adalah jualan, pantas saja live shopping, tren belanja kekinian.

Masyarakat Indonesia, biasa menonton Live streaming lewat platform distribusi video seperti Tiktok live, atau dari e-commerce yang cukup populer, seperti Shopee live, Tokopedia Play, dan Lazada live. Berikut rekomendasi yang bisa kamu pilih sendiri sesuai selera.

 

Tiktok Live

Live streaming di aplikasi Tiktok cukup populer, malah ada beberapa penonton yang secara tidak sengaja join di akun tersebut. Pasti sering kan, ketika kamu lagi asyik scrolling video di Tiktok, tiba-tiba muncul live streaming dari akun random.

Fitur pada Tiktok juga dilengkapi list untuk mendaftarkan produknya. Inilah yang sering disebut-sebut oleh host dengan istilah “Cek keranjang kuning”, dan tak jarang, banyak sekali produk diskon pada keranjang kuning.


Shopee Live

Sebelum melakukan live streaming, biasanya seller suka ngasih tahu waktu dan jamnya di media sosial mereka. Dan gak jarang, mereka juga cantumin produk dengan harga diskon yang bisa jadi murah banget.

Belanja di Shopee live,ada lebih dari 200 produk yang ditawarkan, beserta voucher gratis ongkir yang bisa kamu klaim. Kalo udah siap cek out, jangan lupa cek voucher di profil toko ya, siapa tahu ada voucher lagi yang bisa bikin belanjaan lebih murah.


Tokopedia Play

Untuk lihat live streaming di Tokopedia, kamu bisa klik ‘Feed’, lalu cek video live yang ditampilkan disitu. Ada review fashion, skincare, aksesoris dan masih banyak lagi, kamu tinggal pilih sesuai minat kamu.

Kalo udah masuk ke live-nya, bakal ditampilkan banyak produk dengan harga diskon, dan kalo mau lihat produk lainnya, tinggal klik gambar keranjang. Disitu kamu juga bisa nanya langsung ke hostnya, untuk spill produk dan review, biar bisa dapat gambaran lebih detail.


Laz live

Kehadiran fitur live streaming di Lazada, dapat menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pemilik toko. Karena pada saat live streaming, kamu bisa bertanya apapun ke hostnya, jadi nanti host menjawabnya dengan jelas.

Kalau sudah mendapat jawabannya, dan siap untuk cek out, kamu gak perlu ke profil tokonya, tapi klik aja tombol keranjang. Disitu ada beberapa produk yang ditampilkan, dan tak jarang dikasih diskon besar-besaran.

Empat platform diatas dipilih Roughneck sebagai wadah untuk melakukan live shopping, selain jualan, ada respon komentar, spill produk, mix and match, dan kasih saran ukuran, dimana penonton tinggal kasih tahu tinggi dan berat badan, nanti akan diberi tahu ukuran yang cocok untuk mereka.  Karena menurut Roughneck interaksi dengan penonton, juga penting.

Saking pentingnya, bahkan Roughneck rela live sampai 24 jam. Kegiatan yang dilakukan pun cukup banyak, selain spill produk dan mix and match, Roughneck juga sering mengadakan giveaway, dan mengundang beberapa influencer.

Your cart is empty